Analisa Penjualan Produk Menggunakan Metode Fuzzy C-Covering Pada Toko Olala Makassar

Main Article Content

Sadly Syamsuddin Suryadi Hozeng

Abstract

Analisa penjualan produk merupakan tehnik analisis yang terdiri dua atau lebih item produk yang cenderung dibeli oleh seorang konsumen sewaktu berbelanja di perusahaan/swalayan dalam satu transaksi pembelian. Misalnya, kecenderungan konsumen untuk membeli item B jika ia membeli item A, atau sebaliknya. Jika hal itu bisa diketahui oleh toko, maka toko bisa meningkatkan penjualan item B dan item A dengan cara menempatkan keduanya saling berdekatan. Berdasarkan kelebihan dari analisa penjualan produk tersebut maka  peneliti bermaksud melakukan analisis dan perancangan sistem yang nantinya dapat mengusulkan produk yang seharusnya dijual berdekatan atau disediakan bersamaan oleh Toko Olala Makassar dengan menggunakan metode Fuzzy C-Covering. Metode Fuzzy C-Covering sendiri merupakan salah satu metode alternatif algoritma yang digunakan untuk menentukan himpunan data yang paling sering muncul (frequent itemset) dalam sebuah kumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Dengan adanya keputusan association rule yang dihasilkan aplikasi, maka dapat  menjadi bahan pertimbangan mengenai posisi penyimpanan dan stock barang, (2) Dengan adanya keputusan association rule yang dihasilkan aplikasi, maka dapat  menjadi informasi khusus terkait tingkat penjualan bersamaan dari beberapa jenis barang, dan (3) Setelah mengimplementasikan apilikasi maka data faktur penjualan toko Olala telah dikelola lebih lanjut untuk mendapatkan sebuah informasi baru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles