Penerapan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique pada Pemilihan Pedagang Besar Farmasi
Main Article Content
Abstract
Pedagang Besar Farmasi, yang selanjutnya disingkat PBF merupakan perusahaan berbentuk badan hukum yang memiliki izin untuk pengadaan, penyimpanan, penyaluran obat dan/atau bahan obat dalam jumlah besar sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Masalah yang sering muncul adalah dalam proses pemilihan supplier/pedagang besar farmasi tidak mudah dan bahkan terkadang menjadi hal yang rumit. Karena ketika sudah menjalin hubungan bisnis dengan supplier maka akan mempengaruhi semua aktivitas klinik. Proses pemilihan supplier yang kurang tepat akan mengakibatkan keterlambatan barang yang dikirim dan menyebabkan stok barang menjadi kosong. Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) yang digunakan pada sistem berbasis web membantu memberikan keputusan mengenai Pedagang Besar Farmasi (PBF) terpilih berdasarkan rangking nilai. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 4 PBF dengan masing-masing perangkingan yaitu Apotek K24 (85,75), Apotek Wahdah (84,75), PT. Kallista Prima (81) dan PT. Adya Artha Abadi (65,25). Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) yang digunakan pada sistem berbasis web membantu memberikan keputusan mengenai Pedagang Besar Farmasi (PBF) terpilih berdasarkan rangking nilai. Salah satu keterbatasan teknik ini adalah mengabaikan hubungan timbal balik antar parameter oleh karena itu diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat dikombinasikan dengan menggunakan Algoritma Multi Criteria Decision Making (MCDM).
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
Section
Articles